Dinilai Berpengalaman, Camel Terpilih Jadi Duta Pariwisata Singaraja Bali

Duta wisata bertujuan melestarikan budaya daerah, sekaligus sarana pengembangan potensi bakat, kreativitas, kecerdasan para generasi muda untuk menjadi figur yang dapat berperan dalam mempromosikan kekayaan seni, budaya dan pariwisata serta menghilangkan citra sebagai pelengkap kegiatan atau pajangan saja.
Dinilai Berpengalaman, Camel Terpilih Jadi Duta Pariwisata Singaraja Bali.
Dinilai Berpengalaman, Camel Terpilih Jadi Duta Pariwisata Singaraja Bali.

Pesonanews.com, Buleleng – Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana mengharapkan Camelia Panduwinata Lubis sebagai Duta Parawisata Singaraja bisa mewakili Buleleng dalam upaya mempromosikan potensi wisata untuk melahirkan sosok wisata yang kreatif, inovatif dan percaya diri dalam melaksanakannya.

Terpilihnya Camel, kata Agus, karena selain berpengalaman, dan berjati diri. Hal itu juga ditunjang oleh penampilan yang simpatik dan diharapkan bisa mengarahkan para wisatawan untuk menggapai terwujudnya wisata Buleleng yang kaya akan budaya dan kearifan lokal. Selain itu Camel juga diharapkan bisa menciptakan generasi yang berkualitas, santun, dan berdedikasi dalam melestarikan budaya, serta berperan aktif dalam promosi pariwisata.

“Duta wisata merupakan bagian integral dari pembangunan dunia pariwisata serta pelestarian nilai-nilai seni dan budaya nasional. Untuk itu kami mengharapkan, wisata senantiasa ditingkatkan kualitasnya dengan menitikberatkan kepada keterpaduan seluruh komponen penilaian secara menyeluruh,” ungkapnya kepada wartawan, Minggu (2/10/2016)

Menurutnya, perpaduan terbaik dari aspek-aspek yang mencakup pengetahuan umum, pengetahuan sejarah dan kebudayaan, pariwisata, public speaking, etika perilaku dan busana, penguasaan bahasa, psikologi dan pengembangan diri telah dimiliki wanita kelahiran Medan ini.

Sebab duta wisata bertujuan melestarikan budaya daerah, sekaligus sarana pengembangan potensi bakat, kreativitas, kecerdasan para generasi muda untuk menjadi figur yang dapat berperan dalam mempromosikan kekayaan seni, budaya dan pariwisata serta menghilangkan citra sebagai pelengkap kegiatan atau pajangan saja.

“Dengan terpilihnya Camel sebagai duta wisata diharapkan dapat memiliki disiplin, dedikasi, dan tanggung jawab yang tinggi untuk membantu pemerintah daerah Buleleng dalam memamerkan serta mempromosikan keanekaragaman kebudayaan kepada wisatawan,” pintanya.

Sebagai duta parawisata, Camel mengakui, selain harus mampu mempromosikan dunia wisata daerah Buleleng dirinya juga ditintut harus mampu membantu pemerintah daerah mengajak warga untuk menjaga budaya bersih, indah, dan tertib yang akhirnya menghasilkan masyarakat yang bersih, bermoral, serta bermental baik.

“Karena keterpilihan kami, pemerintah daerah juga mengrapkan, kami harus mampu menjadi inspirator dan motivator bagi generasi muda dalam menjalankan peran dan fungsinya di masyarakat. Dengan menbentuk kepribadian yang baik. Hal itu dibutuhkan untuk bersosialisasi dengan masyarakat luas,” kata Camel.

Menurut Camel, sesungguhnya, tujuan pemilihan duta wisata sendiri adalah mengakui potensi individual dan karakteristik dari peranan dan kontribusi sebagai duta dan mampu membuktikan kalau mereka bisa yang disesuaikan dengan perkembangan ide dan kontribusi.

“Harapan kita, duta wisata ke depan semakin berkembang dan berfungsi sebagai duta pariwisata dan duta budaya. Sehingga bisa dilihat hasilnya bukan hanya dilihat dari segi umum saja. Karena kita tidak bisa menilai segala sesuatu hanya dari satu sudut pandang saja,” ucap Camel. (yan/bzn)

Categories
Bali
No Comment

Leave a Reply

*

*

RELATED BY