Keraton Surakarta Resmi Memulai Sekaten 2018

Pesonanews.com, Solo – Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (KKSH) resmi memulai acara Sekaten 2018 dengan tanda dibunyikannya dua gamelan keramat keraton, yaitu Gamelan Kiai Guntur Madu dan Kiai Guntur Sari...
sekaten-gerebek3

Pesonanews.com, Solo – Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (KKSH) resmi memulai acara Sekaten 2018 dengan tanda dibunyikannya dua gamelan keramat keraton, yaitu Gamelan Kiai Guntur Madu dan Kiai Guntur Sari di kawasan Keraton Solo, Selasa (13/11/2018).

Adapun, Gamelan Kiai Guntur Madu diletakkan di sisi selatan masjid, yaitu di Bangsal Pradangga. Sedangkan Gamelan Kiai Guntur Sari diletakkan di sisi utara masjid, yaitu di Bangsal Pragangga.?

Pada pembukaan tersebut, para penabuh gamelan atau disebut dengan niyaga memainkan Gending Rambu dengan Gamelan Kiai Guntur Madu dan Gending Rangkung dengan Gamelan Kiai Guntur Sari.

“Gamelan ini akan dibunyikan selama tujuh hari berturut-turut pada siang hari sesuai salat Dzuhur. Dimainkan mulai pukul 14.00 WIB,” kata Ketua Takmir Masjid Agung Solo Muhtarom.

Selama gamelan dibunyikan, dikatakannya, masyarakat melakukan tradisi “nginang” atau mengunyah kinang yang terdiri dari lima unsur, yaitu daun sirih, gambir, tembakau, bunga kantil, dan kapur sirih atau injet.

Sementara itu, Pengageng Parentah Keraton Solo GPH Dipokusumo mengatakan tujuan Sekaten adalah untuk memperingati lahirnya Nabi Muhammad SAW. Ia mengatakan salah satu kegiatan yang identik dengan Sekaten yaitu pasar rakyat.

“Fenomena pasar rakyat memang ada sejak dahulu.?Harapan kami tentu pasar rakyat ini tetap mengacu pada tradisi keraton atau jangan tersentuh modernisasi,” katanya.

Ia mengatakan mempertahankan kesan tradisional penting karena esensi dari pasar rakyat ini adalah prosesi jual beli dari rakyat dan untuk rakyat.

Menurut dia, untuk lokasi pasar rakyat ini berada di sekitar alun-alun, masjid hingga sekitar Keraton Solo dengan izin yang dikeluarkan oleh Keraton Solo. (ari)



Redaksi Pesonanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksipesonanews@gmail.com, dan redaksi@pesonanews.com.

Categories
Jawa Tengah
No Comment

Leave a Reply

*

*

RELATED BY

  • pendopo-sipanji-banyumas

    Kompleks Setda Banyumas Diusulkan Jadi Cagar Budaya

    Pesonanews.com, Purwokerto – Kompleks perkantoran di lingkungan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, diusulkan sebagai benda cagar budaya, kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten...
  • masjid-agung-nur-sulaiman4

    Gedung Puskesmas Banyumas Jadi Cagar Budaya

    Pesonanews.com, Banyumas – Gedung Puskesmas Kecamatan Banyumas telah menjadi salah satu benda cagar budaya di Kabupaten Banyumas, kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Banyumas Asis...
  • wisata-bendungan-logung

    Wisata Bendungan Logung Telan Rp 21 miliar

    Pesonanews.com, Kudus – Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Peke,rjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Pemerintahan Kabupaten Kudus mengatakan wisata konservasi di sekitar Bendungan Logung, Kudus, Jawa Tengah...
  • wisata-taman-bunga-serang-garden-di-kabupaten-purbalingga

    Melanjutkan Keberhasilan Sektor Pariwisata di Tanah Air

    Pesonanews.com, Purwokerto – Sepanjang tahun 2018, sektor pariwisata Indonesia dinilai mengalami perkembangan dan kemajuan yang sangat menggembirakan. Pengamat Pariwisata dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Chusmeru menilai langkah pemerintah menetapkan...