Pegadaian Dukung Peningkatan Mutu Desa Wisata Borobudur

Borobudur adalah sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia.
wisata-borobudur

Pesonanews.com, Magelang – PT Pegadaian (Persero) mendukung peningkatan mutu pelayanan desa wisata berstandar internasional di kawasan Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Dirut PT Pegadaian Sunarso di Magelang, Senin, mengatakan dukungan tersebut diwujudkan melalui kepedulian sosial PT Pegadaian melalui peresmian balai ekonomi desa (balkondes) dan “Homestay The Gade Village” di Desa Ngargogondo, Kecamatan Borobudur, Senin (3/9/2018).

Balkondes yang dibangun dalam waktu 2 bulan ini memiliki 8 “homestay” dan pendapa untuk pertemuan dan ruang pamer hasil UMKM. Sebanyak 8ldelapan “homestay” tersebut tiga unit memiliki tiga kamar, tiga unit mempunyai dua kamar dan dua unit memiliki satu kamar.

“Selain itu masih dalam progres ada tiga rumah penduduk yang direnovasi dan nanti untuk `homestay`,” katanya.

Ia mengatakan adanya “The Gade Village” di Desa Ngargogondo dapat memberikan kontribusi yang besar dan bermanfaat bagi masyarakat setempat melalui pemberdayaan kegiatan ekonomi UMKM di lingkungan Ngargogondo.

“Melalui keberadaan `The Gade Village` ini Pegadaian dapat membantu pemberdayaan ekonomi masyarakat Ngargogondo baik untuk usia produktif, anak-anak sekolah hingga lanjut usia,” katanya.

Ia menuturkan tren desa wisata memainkan peranan penting sebagai kekuatan “soft power” Indonesia seperti halnya yang sudah dilakukan di Jepang, Belanda, dan negara lainnya.

Ia berharap dengan adanya “The Gade Village”, pariwisata di sekitar borobudur dapat semakin ramai dengan mengangkat kearifan lokal dan memberikan manfaat yang banyak bagi masyarakat sekitar.

“The Gade Village diharapkan dapat menjadi wadah pendukung pengembangan perekonomian melalui eksplorasi seni budaya dan sektor pariwisata,” katanya.

Staf Khusus II Menteri BUMN Judith Jubiliana Dipodiputro mengatakan Kementerian BUMN mendukung komitmen negara untuk membangun ekonomi kerakyatan yaitu ekonomi yang sungguh-sungguh menyejahterakan rakyat, ekonomi yang melibatkan rakyat dalam pembangunannya.

“Pembangunan balkondes mulai dari perancangan sampai berdiri dilaksanakan secara gotong royong dengan masyarakat,” katanya.

Ia menuturkan meskipun balkondes ini dibangun dengan dana dari PT Pegadaian, nantinya akan dikelola olah BUMDes untuk peningkatan kesejahtaeraan masyarakat. (her)



Redaksi Pesonanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksipesonanews@gmail.com, dan redaksi@pesonanews.com.

Categories
Jawa Tengah
No Comment

Leave a Reply

*

*

RELATED BY