“Peken Godong” Jadi Lokasi Ngabuburit Warga di Kediri

Pesonanews.com, Kediri – “Peken godong” atau pasar daun di Desa Kawedusan, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, menjadi destinasi wisata baru untuk ngabuburit atau menunggu waktu berbuka puasa selama Ramadhan 2019....
peken-godong

Pesonanews.com, Kediri – “Peken godong” atau pasar daun di Desa Kawedusan, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, menjadi destinasi wisata baru untuk ngabuburit atau menunggu waktu berbuka puasa selama Ramadhan 2019.

Pengelola Peken Godong Desa Kawedusan, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri, Marzuki, Selasa (14/5/2019), mengemukakan tempat ini memang belum lama dibuka. Di hari biasa, buka pada Minggu, namun khusus selama Ramadhan 2019 buka setiap hari sore mulai pukul 15.00 WIB hingga malam hari.

“Pasar ini dibuka sekitar Januari lalu dan oleh warga diberi nama ‘peken godong’, karena untuk transaksi menggunakan daun yang istilah jawanya godong. Di pasar ini dijual berbagai macam menu tradisional,” kata Marzuki.

Ia mengatakan, awal berdiri yang berjualan hanya tiga lapak. Namun, karena pasar ini semakin lama viral, sehingga banyak warga tertarik datang dan membeli. Hingga kini, jumlah penjual juga semakin banyak hingga 16 lapak pedagang.

Selain berbagai macam menu tradisional di tempat ini banyak warga menjual berbagai macam takjil yang cocok untuk berbuka puasa. Beberapa menu itu misalnya pecel, gado-gado, rujak ulek, tape, dawet, cenil, dan berbagai macam makanan lainnya.

Sesuai dengan nama pasarnya, dalam transaksi jual beli juga menggunakan daun. Satu daun sebanding dengan uang Rp2.500. Nantinya, pembeli tinggal memilih makanan yang diinginkan dan menyesuaikan dengan harga. Pembeli terlebih dahulu menukar uangnya dengan daun yang nantinya tinggal membelanjakannya.

Pasar ini juga menarik kunjungan warga. Salah satunya adalah Dewi Fitriani, warga Kabupaten Kediri. Ia awalnya mendengar dari teman-temannya terkait pasar ini, hingga akhirnya dengan keluarga bersama-sama berkunjung ke pasar.

“Saya dengan keluarga sengaja datang ke pasar ini membeli makanan untuk berbuka puasa. Kami datang ke sini sekaligus sebagai hiburan sambil menunggu berbuka puasa. Harga makanannya juga cukup murah dan bergizi,” kata Dewi.

Keberadaan pasar ini juga menguntungkan warga di desa tersebut, karena mereka dapat penghasilan tambahan dari berjualan di peken godong. Dengan pendapatan itu, mereka bisa membantu memenuhi kebutuhan keluarga.

“Alhamdulilah ini bisa membantu penghasilan suami. Sebagai ibu rumah tangga ada kegiatan lain dan dapat penghasilan,” kata Inayah, salah seorang pedagang.

Pasar ini setiap sore selalu ramai. Pengunjungnya bukan hanya dari Kediri, tapi juga banyak dari luar kota yang kebetulan singgah karena ingin berkunjung ke pasar ini misalnya dari Gresik, Nganjuk dan sejumlah kota lainnya.

Rencananya, pengelola akan menambah lapak pedagang, sehingga warga sekitar juga terbantu. (asm)



Redaksi Pesonanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksipesonanews@gmail.com, dan redaksi@pesonanews.com.

Categories
Jawa Timur
No Comment

Leave a Reply

*

*

RELATED BY