SMN Riau Tampil di Festival Teluk Ambon

Pesonanews.com, Ambon – Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) provinsi Riau menampilkan tarian rentak bulian di acara penutupan festival teluk Ambon 2018. Peserta SMN Riau tampil di hadapan ratusan warga...
Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) provinsi Riau menampilkan tarian rentak bulian di acara penutupan festival teluk Ambon 2018.
Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) provinsi Riau menampilkan tarian rentak bulian di acara penutupan festival teluk Ambon 2018.

Pesonanews.com, Ambon – Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) provinsi Riau menampilkan tarian rentak bulian di acara penutupan festival teluk Ambon 2018.

Peserta SMN Riau tampil di hadapan ratusan warga kota Ambon yang memadati kawasan Gong Perdamaian Dunia (GPD) saat penutupan acara festival teluk Ambon, Senin (20/8/2018) malam.

Tarian rentak bulian berasal dari kabupaten Indragiri Hulu Riau, dibawakan delapan orang siswa yang terdiri dari tujuh siswa perempuan dan satu orang siswa laki-laki yang menghafal gerak dan laku tari.

Tarian tersebut merupakan ritual pengobatan, yang diambil dari kata “rentak” dan “bulian”. Rentak maksudnya merentak atau melangkah, dan bulian adalah tempat singgah mahluk bunian atau mahluk halus dalam bahasa daerah Indragiri Hulu.

Selain itu peserta SMN juga tampil membawakan lagu daerah Ayam Putih Pungguk, menggunakan pakaian adat Riau.

Peserta SMN Riau Regina Adelia Wandani menyatakan, bangga telah menampilkan kebudayaan Riau saat acara penutupan festival teluk Ambon.

“Sejujurnya kami sempat kaget karena penonton cukup banyak dan lokasi pentas di pusat kota Ambon, tetapi Alhamdulillah kami berhasil menampilkan tarian dan lagu dengan baik,” katanya.

Regina mengaku bangga karena bisa memperkenalkan kebudayaan melayu di hadapan warga kota Ambon.

“Persiapan untuk tampil hanya dilakukan satu hari di Riau sebelum berangkat ke Ambon, selain itu jadwal kita selama di Ambon cukup padat tetapi semua dapat dipersiapakan,” ujarnya.

23 peserta SMN Riau tiga diantaranya merupakan siswa berkebutuhan khusus dari Sekolah Luar Biasa (SLB) tetapi dapat berbaur dan melakukan berbagai aktifitas bersama siswa reguler.

Selain tampil di festival teluk Ambon, para siswa juga telah mengikuti rangkaian kegiatan SMN diantaranya kegiatan bersih pantai dan upacara HUT RI ke-73 di Kota Tual Maluku Tenggara, selain itu mengikuti kegiatan di dodik bela negara, kunjungan ke Kodam XVI Pattimura, Universitas Pattimura, SMAN 11 dan kunjungan ke museum Siwalima, serta sejumlah objek wisata di Ambon. (pen)



Redaksi Pesonanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksipesonanews@gmail.com, dan redaksi@pesonanews.com.

Categories
Maluku Utara
No Comment

Leave a Reply

*

*

RELATED BY