Ini Dia Ta Prohm, Candi Tua yang Dijuluki Lara Croft Temple

Tidak seperti candi lainnya di Angkor, Ta Prohm tidak dipugar dan dibiarkan dalam kondisi asal sebagaimana ditemukan.
PicsArt_10-19-12.11.01

Pesonanews.com, Kamboja – ya benar, inilah candi yang digunakan sebagai lokasi syuting film Tomb Raider, Candi Ta Prohm. Tidak mengherankan, jika kini candi ini dikenal sebagai Lara Croft Temple, bintang utama film game tersebut.

Sangat beruntung Wartawan Pesonanews.com, Ikhwan Alma dan Hindria Ardita berkesempatan menyaksikan dari dekat candi Ta Prohm dan memotretnya untuk para pembaca. Mereka akan jalan-jalan ke berbagai negara hingga akhir Oktober 2016 ini.

O ya soal film game Tomb Raider ini, meskipun film ini merombak tampilan candi-candi Angkor secara efek visual, tetapi tampilan Ta Phrom tetap dibiarkan sesuai aslinya, tentu dengan lilitan akar pohonnya menimbulkan efek mencekam.

Bukan itu saja, Beberapa pihak percaya bahwa salah satu ukiran di candi ini menyerupai stegosaurus.

LIHAT JUGA FOTONYA : Penampakan Sudut Candi Ta Prohm yang Dijuluki Lara Croft Temple

BACA JUGA : Menyaksikan Bangunan Warisan Dunia Angkor Wat dari Dekat

Menurut Wikipedia, Ta Prohm adalah nama kini dari candi di Angkor, Provinsi Siem Reap, Kamboja, dibangun dengan gaya Bayon kurun akhir abad ke-12 dan awal abad ke-13.

Nama asli candi ini adalah Rajawihara. Candi ini terletak sekitar satu kilometer ke arah timur dari Angkor Thom dan pada tepi selatan Baray Timur. Candi ini dibangun oleh Raja Khmer Jayawarman VII sebagai wihara dan universitas beraliran Buddha Mahayana.

Tidak seperti candi lainnya di Angkor, Ta Prohm tidak dipugar dan dibiarkan dalam kondisi asal sebagaimana ditemukan. Hal ini menimbulkan efek fotogenik dengan melestarikan suasana rimba liar yang asli seperti membiarkan lilitan akar pohon besar yang memeluk tubuh candi, karena keunikan inilah Ta Phrom menjadi salah satu candi yang paling banyak dikunjungi wisatawan.

UNESCO memasukkan Ta Prohm ke dalam Daftar Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1992. Upaya pemugaran dan pelestarian Ta Phrom dilakukan secara kemitraan dengan Survei Arkeologi India dan otoritas APSARA. (*)

Categories
Manca Negara
No Comment

Leave a Reply

*

*

RELATED BY