Kurma Ajwa Favorit Nabi Muhammad Dijual Hingga Rp350 Ribu per Kilo

Pesonanews.com, Jakarta – Bulan Ramadhan tak lengkap rasanya tanpa hidangan kurma. Salah satu pusat pembelian kurma terbesar di Jakarta ada di Pasar Tanah Abang yang menjual beragam jenis buah...
kurma-ajwa7

Pesonanews.com, Jakarta – Bulan Ramadhan tak lengkap rasanya tanpa hidangan kurma. Salah satu pusat pembelian kurma terbesar di Jakarta ada di Pasar Tanah Abang yang menjual beragam jenis buah khas bulan puasa itu.

Di sana, belasan jenis kurma berbagai rasa dijual dengan harga mulai dari Rp20 ribu per kilo gram (kg) hingga Rp350 ribu per kg.

Kurnia Purna Yudha (19) pedagang kurma Toko Mina di Blok B lantai LG, saat ditemui Senin (6/5/2019), mengatakan kurma paling mahal itu bernama Ajwa, harganya mulai dari Rp300 ribu per kilo sampai dengan Rp350 ribu per kg.

Kurma Ajwa memiliki bentuk agak bulat, berukuran kecil dari kurma biasanya, warnnya agak gelap atau hitam, teksturnya daging lembut dan legit.

Menurut Kurnia, harga kurma Ajwa mahal karena dikenal memiliki banyak khasiat, selain menambah stamina, juga baik untuk kesehatan.

“Kurma Ajwa itu dikenal sebagai kurma yang sering dikonsumsi oleh Rasul (Nabi Muhammad SAW),” kata Kurnia.

Pedagang kurma ini tersebar di sejumlah lokasi, ada di Blok B, Blok C, Blok F dan CTA Pasar Tanah Abang, bahkan selama Ramadan ini ada stand bazar kurma yang disediakan pengelola Pasar Tanah Abang di Blok B lantai LG atau dekat arah ke Stasiun Tanah Abang.

Sejak dulu harga kurma Ajwa selalu lebih tinggi dari kurma-kurma lainnya. Bahkan pada tahun 2012 harga kurma Ajwa Rp120 ribu per kg. Kini harga menyesuaikan biaya tarif impor.
Kurma-kurma di Pasar Tanah Abang diimpor langsung dari produsen kurma yang ada di Timur Tengah.

“Ada lagi kurma yang paling mahal, namanya kurma Ambar harganya Rp370 ribu, tapi enggak ada yang jual, mahal tidak ada yang mau beli,” kata Fathul pedagang kurma lainnya.

Fathul salah satu pedangang yang mengisi stand bazar kurma di Pasar Tanah Abang, menyediakan sekitar 13 jenis kurma dengan harga beragam.

Kurma lainnya yang tergolong mahal yakni kurma California Madjool. Sama seperti Ajwa, walau mahal pembelinya cukup lumayan.

“Ada lagi yang mahal harganya kurma California Madjool sekilo Rp250 ribu,” kata Kurnia.

Rata-rata orang membeli dalam sebanyak 1/2 kg sampai 1 kg lebih.

Kurma California Madjool Memiliki ukuran lebih besar dari kurma-kurma yang lainnya. Rasa dagingnya manis serta bertekstur lembut dan empuk saat dimakan dimakan.

Karena ukuran kurma California Madjool lebih besar, maka mengkonsumsi satu kurma sudah memberikan rasa kenyang yang cukup jika dikonsumsi dalam jumlah lebih.

Rata-rata pedagang di Tanah Abang menjual 11 sampai 13 jenis kurma yang berasal dari berbagai negara, seperti kurma Tunisia, Iran, Mesir, Mekkah, dan sebagainya.

Seperti di Toko Al Karomah, Blok F lantai dasar los AKS menjual 11 jenis kurma, dengan harga paling murah Rp40 ribu per kg jenis kurma Mekkah madu.

Berikut informasi jenis dan harga kurma di Pasar Tanah Abang, kurma Palm Fruit, Rp50 ribu per kg, Kurma Mesir Rp 20 ribu, kurma Ajwa Rp350 ribu, kurma Safa Rp 150 ribu, kurma Mabrum Rp90 ribu, Tunisia Madu Rp60 ribu, Iran madu Rp50 ribu, kurma Kalas besar Rp100 ribu, kurma Lulu (Madina) Rp50 ribu, kurma Kalas kecil Rp50 ribu.

Meningkatnya konsumsi kurma di bulan Ramadan karena banyak orang mencari keberkahannya, sesuai anjuran Nabi yang menganjurkan mengkonsumsi kurma setiap hari dalam jumlah ganjil.

Elli (50) warga Pasar Minggu mengatakan mengkonsumi kurma baik untuk kesehatan, apalagi setelah berbuka menambah stamina karena rasa manis yang ada dalam kurma.

“Saya konsumsi kurma rutin tidak hanya Ramadan aja, setiap ke Tanah Abang pasti saya beli kurma,” kata Elli.

Menurut Elli membeli kurma di Tanah Abang lebih enak dibanding di pusat perbelanjaan modern, selain karena harganya lebih murah, dan bisa ditawar. (alv)



Redaksi Pesonanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksipesonanews@gmail.com, dan redaksi@pesonanews.com.

Categories
Jakarta
No Comment

Leave a Reply

*

*

RELATED BY