Tempat Istirahat Layak Pengemudi Bakal Banyak di Destinasi Wisata

Pesonanews.com, Jakarta  – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mendorong para pengelola destinasi wisata dan pemerintah daerah untuk menyediakan tempat istirahat yang layak dan memadai bagi para pengemudi bus-bus pariwisata. Deputi Bidang...
rest-area

Pesonanews.com, Jakarta  – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mendorong para pengelola destinasi wisata dan pemerintah daerah untuk menyediakan tempat istirahat yang layak dan memadai bagi para pengemudi bus-bus pariwisata.

Deputi Bidang Pengembagan Industri dan Kelembagaan Kemenpar Rizki Handayani Mustafa di Jakarta, Senin (22/10/2018) mengatakan faktor keselamatan dalam sebuah perjalanan wisata merupakan hal yang paling penting.

“Di banyak negara lain sudah menerapkan setiap 2-3 jam bahkan kendaraan harus berhenti untuk memberikan kesempatan bagi pengemudinya untuk beristirahat,” katanya.

Oleh karena itu, pihaknya mengapresiasi upaya Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi yang memberikan arahan agar lokasi wisata dan pool bus pariwisata menyediakan tempat istirahat yang layak untuk para pengemudi. 

Rizki juga mendukung keberadaan fasilitas tempat istirahat bagi para pengemudi bus karena memang memegang peranan penting.

Terlebih dari pertimbangan bahwa faktor utama penyebab kecelakaan adalah pengemudi yang kelelahan atau mengantuk. 

Maka dengan adanya tempat istirahat yang layak, diharapkan para pengemudi akan mendapat waktu dan kualitas istirahat yang baik sehingga dapat terhindar dari bahaya kecelakaan saat berkendaraan. 

“Namun bagaimana memang perlu perencanaan yang matang sehingga fasilitas tersebut juga mendukung disain destinasi wisata yang sudah ada,” katanya.
Meski bagaimanapun keselamatan dalam berwisata merupakan hal yang paling tidak terelakkan.

Ia mendorong pemerintah daerah untuk menyiapkan fasilitas tersebut bahkan jika perlu bekerja sama dengan swasta agar destinasi wisata yang ada semakin berkembang dan banyak dikunjungi wisatawan. (han)



Redaksi Pesonanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksipesonanews@gmail.com, dan redaksi@pesonanews.com.

Categories
MEGAPOLITAN
No Comment

Leave a Reply

*

*

RELATED BY