Kota Sawahlunto Indonesia Masuk Nominasi Daftar Situs Warisan Dunia UNESCO 2019

Kota Lama Tambang Batu Bara Sawahlunto adalah kawasan cagar budaya Indonesia.
kota-lama-tambang-batu-bara-sawahlunto

Pesonanews.com, Jakarta – UNESCO telah mengumumkan berbagai tempat yang masuk nominasi Daftar Situs Warisan Dunia 2019. Yang paling menakjubkan, lagi-lagi Indonesia masuk dalam nominasi ini.

Dilansir dari CNN, sudah ada 1.097 situs di 167 negara yang terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Komite pun akan menentukan situs lainnya dari daftar nominasi tersebut selama 11 hari ke depan di Baku, Azerbaijan.

Dalam daftar nominasi 2019 ini, terdapat 3 kategori berbeda, yaitu situs alam, situs budaya, dan situs perpaduan alam dan budaya. Jika gagal terpilih, situs tersebut masih bisa diajukan lagi di tahun-tahun berikutnya. Selain itu terdapat kategori Warisan Dunia dalam Bahaya dan situs yang kemungkinan ditarik dari Daftar Warisan dalam Bahaya.

Proses penilaian akan selesai pada 10 Juli 2019 mendatang dan hasilnya akan diumumkan lewat akun Twitter UNESCO. Situs yang terpilih tentu akan terdongkrak nilai pariwisatanya dan mendapat perlindungan nominal dari UNESCO.

Kabar gembiranya, salah satu nominasi kategori situs budaya berasal dari Indonesia. Situs itu adalah Kota Lama Tambang Batu Bara Sawahlunto atau dalam laman resmi UNESCO disebut ‘Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto’. Dikutip dari laman resmi Kemdikbud, Kota Sawahlunto merupakan salah satu kota tambang batu bara tertua di kawasan Asia Tenggara. Berada di Sumatera Barat, kota yang berkembang menjadi kota wisata tua ini punya jejak sejarah cukup panjang lantaran ada banyak peninggalan produksi batu bara yang mulai dilakukan oleh pemerintah Hindia Belanda sejak akhir abad ke-19 Masehi.

Jika berhasil terpilih, Kota Sawahlunto akan menjadi lokasi ke-9 di Indonesia yang masuk Daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Sementara itu, 8 lokasi lainnya yang sudah resmi masuk daftar UNESCO itu meliputi Candi Borobudur, Taman Nasional Komodo, Candi Prambanan, Taman Nasional Ujung Kulon, Situs Manusia Purba Sangiran, Taman Nasional Lorents, Warisan Hutan Hujan Tropis Sumatera, dan Sistem Subak di Provinsi Bali.

Selain Kota Sawahlunto di Indonesia, situs lainnya yang masuk nominasi adalah Hutan Hyrcanian di Iran untuk kategori situs alam, Kompleks Makam Kuno Mozu-Furuichi Kofun di Jepang untuk kategori situs budaya, Paraty di Brasil untuk kategori paduan alam dan budaya, Babilonia di Irak untuk kategori Warisan Dunia dalam Bahaya, dan Gereja Kelahiran Yesus di Palestina yang sedang diperiksa untuk ditarik dari Daftar Situs dalam Bahaya. (*)



Redaksi Pesonanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksipesonanews@gmail.com, dan redaksi@pesonanews.com.

Categories
NASIONAL
No Comment

Leave a Reply

*

*

RELATED BY