Pesona Wisata Lombok (3) : Belum ke Lombok Kalau Tidak Mengunjungi Gili-Gili, Ini Alasannya

Setelah puas snorkling, main di pantai dan bersepeda. Kita balik ke Pelabuhan Nare sekitar jam 5 sore, kita langsung menuju tempat makan untuk makan malam.
picsart_03-22-10-19-26

INI YANG DITUNGGU-tunggu saat liburan ke Lombok. Lombok terkenal dengan keindahan alamnya, terutama keindahan pantainya. Tak lengkap kalo liburan ke Lombok tidak mengunjungi Gili.

Mengapa harus menginjungi gili-gilI? Apa keistimewaan gili-gili itu? Berikut ini adalah laporan Banny Rachman dan Putri Shavira.

GILI DI LOMBOK yang terkenal ada tiga yaitu, Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan. Gili termasuk Wisata Favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke Lombok. O ya, gili adalah pulau kecil.

Mengunjungi wisata Gili bisa dilakukan dalam waktu satu hari, pergi pagi pulang sore. Untuk menuju Gili, kita butuh perjalanan dari Mataram sekitar satu jam ke Pelabuhan Nara, orang asli Lombok nyebutnya Pelabuhan Nare. Setelah sampai di Pelabuhan Nara menuju Gili memakai Glass Button atau Speed Boat. Kalau naik Glass Button perjalanan sekitar 30 menit.

Gili Air

Gili air merupakan pulau yang paling dekat dengan Pulau Lombok. Lokasi Gili Air tepatnya teletak di Desa Gili indah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara.

Mayoritas penduduk asli Gili Air berasal dari suku Bugis dan suku Sasak, dan mereka bermata pencaharian utama sebagai nelayan, pedagang, dan pemandu wisata. Mayoritas pengunjung GIli Air merupakan wisatawan mancanegara, seperti Inggris, Prancis, Australia, Belanda, Italia

Sampai di Gili Air, kita mencari spot yang bagus buat snorkeling, setelah menemukan spot yang bagus untuk snorkeling, kita siap-siap pakai perlengkapan snorkeling. Gili Air spot untuk menemukan kuda laut, ikan warna -warni, dan penghuni laut lainnya.

Gili Meno

Gili Meno merupakan pulau kedua yang dekat pulau Lombok, letaknya tidak jauh dengan Gili Air. Di sini terdapat taman burung yang mempunyai koleksi burung-burung langka dari Indonesia dan mancanegara. Gili Meno masih agak sepi pengunjung, di sini lebih cocok bagi pasangan yang mau honeymoon.

Di Gili Meno kita juga snorkeling. Di sini terkenal dengan spot ikan Nemo dan karang-karang yang sangat indah. Saat snorkeling di sini kita kurang beruntung karena baru 1 menit turun ke laut, air laut pasang dan arus kencang.

Gili Trawangan

Gili Trawangan adalah yang terbesar dari Gili Air dan Gili Meno. Trawangan juga tempat untuk pesta bagi wisatawan. Aktivitas yang populer dilakukan para wisatawan di Trawangan adalah scuba diving, snorkeling, bermain kayak, dan berselancar. Ada juga beberapa tempat bagi para wisatawan belajar berkuda mengelilingi pulau.

Di sini tidak ada kendaraan motor atau mobil, karena tidak diizinkan oleh aturan lokal. Tranportasi di sini hanya ada sepeda dan cidomo (delman). Sepeda dan cidomo disewakan oleh masyarakat setempat untuk para wisatawan.

Di Gili Trawangan lebih rame dibandingkan Gili Air dan Gili Meno. Kalau ke Gili Trawangan jangan lupa coba Gili Gelato, Ice cream yang dijajakan di sepanjang jalan.

BACA LIPUTAN WISATA LOMBOK LAINNYA:

Melihat Langsung Geliat Wisata di Pulau Lombok

Dari Kerajinan Tenun, Gerabah hingga Kuliner Khas Lombok yang Pedas

Mendengarkan Merdunya Gemericik Air Terjun di Agropark Rinjani

Sensasi Lantai Rumah di Desa Sade dari Kotoran Kerbau Tidak Bau, Lembut tapi Kuat

Di Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan mempunyai persamaan, yaitu pantai yang sangat indah dan berpasir putih, tersedia hotel, restoran dan bar, snorkeling, diving.

Setelah puas snorkeling, main di pantai dan bersepeda. Kita balik ke Pelabuhan Nare sekitar jam 5 sore, kita langsung menuju tempat makan untuk makan malam.

Kita makan makanan khas Lombok, yaitu Sate Bulayak, Bulayak itu seperti Lontong yang dibungkus pakai daun kelapa, kalo di Jakarta seperti Lepet isi ketan. Satenya ada sate sapi, sate aya, dan sate usus dengan bumbu kacang yang super pedas. Tapi rasanya hmmm yummy. (*)

Categories
Nusa Tenggara Barat (NTB)
No Comment

Leave a Reply

*

*

RELATED BY