Tika Bisono Bicara Pentingnya Tauma Healing Bagi Korban Gempa Lombok

Pesonanews.com, Jakarta – Ahli psikologi, Tika Bisono, menegaskan, penanganan trauma atau trauma healing sangat penting untuk mengembalikan kondisi psikologis para korban gempa di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Menurut...
tika-bisono-bicara-pentingnya-tauma-healing-bagi-korban-gempa-lombok

Pesonanews.com, Jakarta – Ahli psikologi, Tika Bisono, menegaskan, penanganan trauma atau trauma healing sangat penting untuk mengembalikan kondisi psikologis para korban gempa di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Menurut dia, upaya pemulihan kondisi kesehatan dan psikologis korban gempa sejalan dengan upaya banyak pihak. “Upaya tersebut harus diapresiasi karena penanganan korban gempa memang harus melibatkan banyak pihak,” kata dia, mengomentari program Trauma Healing Pertamina untuk korban gempa Lombok.

“Misalnya saja ketika itu mereka melihat cuaca gelap atau tanah turun. Nah ketika mereka melihat mendung, bisa saja mereka menjadi stress dan ketakutan. Itu yang harus dihilangkan,” jelas Tika dalam siaran pers yang diterima, di Jakarta, Rabu (15/8/2018).

Ia juga mengapresiasi kepedulian PT Pertamina (Persero) membantu korban gempa Bumi di Pulau Lombok melalui trauma healing untuk memulihkan kesehatan dan sisi psikologis mereka.

Melalui Trauma Healing Pertamina, dia berharap bahwa korban gempa bisa melupakan trauma yang menghinggapi mereka, karena tidak mudah bagi mereka menghilangkan bayang-bayang yang pernah dialami pada saat kejadian.

Dalam Trauma Healing, PT Pertamina (Persero) menurunkan tim medis secara langsung untuk menangani pasien korban gempa. Lokasi yang disambangi yakni Dusun Terengan, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, yang merupakan wilayah terdampak parah gempa.

Dalam Trauma Healing ini, tim medis PT Pertamina (Persero) mendukung proses perawatan pasien korban gempa, baik perawatan fisik maupun psikologis. Berdasarkan temuan tim medis di lapangan, selain mengalami trauma kepala, trauma tulang, banyak juga korban gempa yang mengalami ketakutan psikis.

Selain pemulihan dari trauma, Pertamina juga menyalurkan bantuan ke lokasi-lokasi gempa. Bantuan berupa sembako, obat-obatan, dapur umum, dan mendirikan fasilitas mandi-cuci-kakus.

“Semua bagus, harusnya semua pihak memang bahu-membahu meringankan beban warga terdampat gempa,” kata dia.

Sesaat setelah gempa, PT Pertamina (Persero) juga tetap melayani pasokan BBM dan LPG meski kondisi masih mencekam. SPBU Pertamina bahkan 100 persen beroperasi sehingga memperlancar mobilitas warga terdampak bencana.

Bahkan, SPBU di Kayangan Lombok Utara yang merupakan wilayah terparah terdampak gempa, juga melayani masyarakat seperti biasa. (sur)



Redaksi Pesonanews.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksipesonanews@gmail.com, dan redaksi@pesonanews.com.

Categories
Nusa Tenggara Barat (NTB)
No Comment

Leave a Reply

*

*

RELATED BY