Pemda Soppeng-PATA Sepakat Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

Selama ini destinasi wisata yang sudah dikenal wisatawan di provinsi Sulawesi Selatan, seperti Makassar dan Toraja. Padahal masih banyak destinasi wisata yang menarik di Sulawesi Selatan.
Pemda Soppeng

Pesonanews.com, Jakarta – Kota kalong, vila Yuliana, makam raja-raja Bugis, wisata religi patung Bunda Maria, adalah sebagian daerah tujuan wisata di kabupaten Soppeng Sulawesi Selatan. PATTA bersama BPPI, Asita dan media massa, siap tingkatkan industri wisata di salah satu wilayah Sulawesi Selatan ini.

Kerja sama antara para pihak ini tertuang dalam notakesepahaman (MoU) promosi potensi kabupaten Soppeng di Jakarta, Kamis (10/11). Hadir dalam acara tersebut Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak, President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswo Prasetijo, ketua BPPI Sopeng Farouk Adam, Pejabat Kabupaten Soppeng, dan sejumlah pengusaha pariwisata.

Selama ini destinasi wisata yang sudah dikenal wisatawan di provinsi Sulawesi Selatan, seperti Makassar dan Toraja. Padahal masih banyak destinasi wisata yang menarik di Sulawesi Selatan.

“Kabupaten Soppeng kini mulai serius mempromosikan berbagai potensi wisata yang ada di Soppeng mengajak PATA Indonesia Chapter untuk memromosikan potensi pariwisata yang dimiliki kabupaten Soppeng,” jelas Andi Kaswadi Razak, Bupati Kabupaten Soppeng.

Sementara itu CEO PATA Indonesia Chapter, Poernomo Siswo Prasetijo dalam sambutannya mengatakan, bahwa PATA melihat keseriusan dari pemkab soppeng yang terus berkomitmen dan penuh semangat. Ia menyebutkan, Pemerintah Kabupaten Soppeng terutama Bupati memiliki visi dan misi yang sangat serius di bidang pariwisata tersebut.

“Pertemuan kami ini karna kami melihat teman teman dari soppeng ini penuh komitmen dan semangat, terutama bapak Bupati. Kemudian visi misinya di bidang pariwisata setelah beliau terpilih benar-benar di tunjukan.” ujar Poernomo.

Ia menambahkan, PATTA sebagai katalis ingin mencoba menyatukan berbagai pihak baik pelaku pariwisata, pemerintah, dan juga network internasional yang di bawa untuk mempromosikan daerah-daerah tersebut.

“Kita menyambut baik bahwa dengan semangat dan visi pak Bupati bisa kita temukan dengan teman2 dari industri sehingga bisa bersama-sama kita kembangkan daerah-daerah tersebut.” tambahnya.

Saat ini wisatawan dari Makassar yang ingin ke Toraja bisa lewat Soppeng karena infrastruktur jalan dari Makassar ke Toraja melalui Soppeng sudah bagus. Demikian disampaikan oleh Farouk Adam, ketua Badan Promosi Pariwisata Kabupaten Soppeng.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Farouk sejumlah potensi pariwisata yang ada di Soppeng, diantaranya, kota Soppeng bergelantungan kalong-kalong di atas pohon di tengah kota sehingga kota Soppeng terkenal sebagai kota Kalong.

Selain itu, di dalam kota Soppeng terdapat banyak objek wisata antara lain vila Yuliana yang merupakan peninggalan colonial Belanda yang dibangun tahun 1905, ada juga wisata religi melihat Patung Bunda Maria Pieta untuk umat Katolik, ada juga komplek pemakaman Raja-Raja Bugis.

“Soppeng saat ini sedang giat mempromosikan wisata arkeologi, seperti yang ada di Sangiran Jawa Tengah. Kami berharap wisatwan semakin mengenal pariwisata Soppeng, jelas Farouk Adam. (hrb)

Categories
Sulawesi Selatan
No Comment

Leave a Reply

*

*

RELATED BY