Pol PP Pariwisata Terealisasi, Disiapkan Satu Pleton

Pembentukan Pol-PP Pariwisata dibentuk atas perintah Walikota Palembang Harnojoyo yang tujuannya untuk mendukung Asian Games 2018.
172356_palembanganda1

TERKAIT RENCANA PEMBENTUKAN Polisi Pamong Praja (Pol-PP) Pariwisata, akan segera terealisasi yang akan tetap di bawah naungan Sat Pol PP Kota Palembang.

Direncanakan dalam waktu dekat, Pol-PP Pariwisata akan segera dilaunching bertepatan dengan HUT Pol PP ke-54 tahun.

“Semuanya sudah siap dan rencananya akan kita launching pada tanggal 4 April 2017 bertepatan dengan upacara HUT Pol PP ke 54 tahun,” ujar Budi Norma, Kepala Seksi (Kasi) Pengawalan dan Kesamaptaan Sat Pol-PP Kota Palembang, Kamis (30/3/2017).

Dikatakan Budi, pembentukan Pol-PP Pariwisata dibentuk atas perintah Walikota Palembang Harnojoyo yang tujuannya untuk mendukung Asian Games 2018. Tentunya tugasnya menjaga keamanan wisatawan yang datang dan berada di Palembang.

“Sesuai dengan program Walikota Palembang, yakni menjadikan Palembang sebagai Kota Pariwisata, kami dari Pol PP menyiapkan fasilitas keamanan yang nantinya akan berfungsi sebagai guide juga pusat objek wisata yang ada di Palembang,” ujarnya.

Untuk jumlah petugas Pol PP Pariwisata yang akan dibentuk, Budi mengatakan, satu pleton Pol PP Pariwisata telah disiapkan yang jumlahnya 20-30 personil. Teknisnya tentu akan disebar di lokasi wisata yang ada di Kota Palembang.

DiantaranyaTaman Purbakala Siguntang, Taman Wisata Punti Kayu, Museum Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Pulau Kemaro dan yang saat ini sedang akan digarap dan berpotensi jadi area wisata andalan. Ditambahkan lagi Pelataran Benteng Kuto Besak yang akan dibangun Patung Belido.

“Petugas Pol PP Pariwisata ini berbeda dengan petugas pada umumnya, dari segi pakaian ada ciri khas tertentu. Selain itu, petugas yang akan ditempatkan adalah petugas yang cakap dan siap menjadi petugas informasi, terkait dengan pariwisata di Kota Palembang,” ujarnya.

Budi menambahkan, sebelumnya dalam persiapan pembentukan Pol-PP. Pariwisata ini telah dilakukan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki. Salah satunya pelatihan kesamaptaan diikuti oleh seluruh anggota Satpol PP Kota Palembang yang dipusatkan di Asrama Haji Palembang.

Pelatihan Kesamaptaan ini untuk meningkatkan kemampuan personil Sat Pol PP Kota Palembang, sehingga kedepan semua personil Satpol PP bertambah handal dan memumpuni dalam hal kemampuan, termasuk menjadi petugas informasi terkait pariwisata Kota Palembang.

“Ini menjawab apa yang diharapkan Walikota Palembang, Harnojoyo. Tidak lama lagi di tempat-tempat wisata akan ada petuhas khusus yang siap membantu wisatawan,” tandasnya. Demikian seperti dikutip dari Sriwijaya Post. (*)

Categories
Sumatera Selatan
No Comment

Leave a Reply

*

*

RELATED BY