412 Desa Gagal Terima Banprov

Halloapakabar.com, Cibinong – Sebanyak 412 desa di Kabupaten Bogor gagal menerima dana bantuan provinsi (banprov) untuk desa. Sebab, dana itu akan dialihkan ke program Pekan Olahraga Nasional (PON) Jawa...
Gedung-sate-e1458205060958

Halloapakabar.com, Cibinong – Sebanyak 412 desa di Kabupaten Bogor gagal menerima dana bantuan provinsi (banprov) untuk desa. Sebab, dana itu akan dialihkan ke program Pekan Olahraga Nasional (PON) Jawa Barat (Jabar) 2016, September mendatang.

Kepala Sub Bidang Aparatur Pemerintahan Desa (BPMPD), Evi Nur Latifah, membenarkannya. “Memang untuk tahun ini ditiadakan banprov bagi desa,” katanya.

Rencananya, lanjut Evi, banprov desa akan dialihkan guna program PON Jabar 2016. Tidak adanya dana itu akan berpengaruh terhadap pembangunan desa. Meski jumlahnya tidak besar, namun sering kali dipergunakan untuk pembangunan infrastruktur desa. “Biasanya dipakai perbaikan jalan, pembangunan sekolah dan pembangunan gedung desa,” tutur dia.

Kepala Desa Parungpanjang, Kecamatan Parungpanjang, Nina Karniasih, pasrah dengan keputusan Pemprov Jabar. Meski tidak mendapatkan dana banprov, pihaknya masih mendapatkan Dana Desa dari pemerintah pusat.
“Ya, sudah. Kenapa harus pusing mengeluh? Kan masih ada Dana Desa sebagai penggantinya yang lebih besar dari banprov. Saya tidak mengeluh, yang penting pembangunan jalan lancar dengan laporan jujur, transparan dan amanah,” ujarnya, seperti dikutip Hallobogor.com, Kamis (17/3/2016)

Menurut Nina, pihaknya harus menyikapi positif setiap keputusan yang diambil pemerintah. Seperti halnya program mobil siaga. Walaupun tidak mendapatkannya, namun ia percaya jika mobil itu akan diprioritaskan untuk yang lebih membutuhkan. “Kalau dibilang mau, semua desa juga mau. Tetapi itu yang kita prioritaskan. Desa saya jaraknya dekat dengan pelayanan publik. Lagi pula masih bisa pakai mobil pribadi desa,” tandasnya. (yad).

Categories
Uncategorized
No Comment

Leave a Reply

*

*

RELATED BY